Penghasilan Grabbike 2019 Dengan Skema Insentif Berlian

Grabbike atau grab motor adalah layanan transportasi ojek online yang menggunakan aplikasi. Dengan mudah kita sebagai pengguna bisa memesan jasa ojek online tersebut kapan dan dimanapun asalkan areanya suda tercover oleh grab. Driver akan segera datang setelah menerima orderan. Namun tahukah anda berapa sih penghasilan dari seorang driver grabbike tersebut dalam sehari hingga perbulannya.

Agar lebih mudah dipahami untuk yang bukan driver, jadi sistem gaji grabbike itu didapatkan langsung dari customer dan juga bonus serta insentif. Berbeda dengan karyawan kantoran yang pendapatannya diberikan sebulan sekali sesuai kesepekatan kontrak.

Lalu berapa penghasilan grabbike ditahun 2018 ini?

Seperti yang sudah dibahas sedikit diawal tadi, jadi penghasilan driver juga ditentukan oleh bonus yang bisa didapatkan perharinya. Untuk sekarang khususnya wilayah jabodetabek sudah diberlakukan yang namanya insentif berlian. Untuk kota lain mungkin berbeda, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk kedapannya akan disamakan.

Pada insentif berlian target bonus yang bisa dicapai dalam sehari maksimal adalah Rp. 190.000 dengan mengumpulkan berlian sebanyak 550.

Wah jika kita lihat lumayan besar bukan ?. Tetapi pada kenyataannya untuk mengumpulkan berlia sebanyak itu tidaklah mudah. Driver harus banyak mengambil orderan, tetapi yang jadi masalahnya adalah tidak semudah itu untuk mendapatkannya.

Semakin hari jumlah driver semakin bertambah, karena pendaftaran grabbike yang terus dibuka. Yang membuat persaingan menjadi semakin tinggi antar driver. Orderan yang biasanya banyak kini harus dibagi dengan driver baru.

Kembali lagi ke perhitungan penghasilan grabbike.

Setiap layanan memiliki nilai berlian yang berbeda-beda, contohnya sebagai berikut:
  • Grabbike : 8 berlian.
  • Grabexpress: 15 berlian.
  • Grabfood : 30 berlian.
Jika driver biasanya hanya mengaktifkan layanan grabbike, untuk mendapatkan bonus maksimal maka sehari harus mendapatkan kurang lebih 68 orderan agar 550 berlian terkumpul jika ingin memperolah 190.000.

68 orderan itu mustahil ! nyatanya dalam sehari paling driver hanya bisa memperoleh belasan saja.

Berikut daftar target bonus berlian:
  • 110 berlian 15.000
  • 180 berlian 30.000
  • 260 berlian 60.000
  • 350 berlian 120.00
  • 550 berlian 190.000
Contoh:

seorang driver mendapatkan orderan grabike sebanyak 15 dengan masing-masing argo 10.000.
Maka total pendapatan driver dari bayaran penumpang adalah 150.000.

Dan untuk pnghasilan dari bonus orderan grabbike adalah 8 berlian dikali 15 = 120 berlian = 15.000

Jadi total penghasilan yang bisa didaptkan driver grabbike dalam sehari adalah 150.000+15.000= 165.000.

Rp. 165.000 tersebut masih hitungan kotor, jika di potong komisi 20% untuk top up menjadi 132.000.

132.000 kurangi lagi untuk bensin misalnya katakanlah 20.000, jadi penghasilan bersih yang diterima driver adalah 112.000 ( jika makan, minum, dll tidak di hitung ).

Baca: Bonus dan insentif Pasukan Grab Food ( pgf )

Perhitungan diatas hanya simulasi saja, dalam praktek lapangan mungkin driver bisa memperoleh argo yang besar atau kakap.

Jika driver hanya mengambil orderan grabbike, mau tidak mau bila ingin mencapai bonus maksimal maka haru mendapat orderan grab express dan grabfood juga, Yang mana nilai berlian setiap ordernya lebih besar dari grabbike.

Walaupun sudah mengaktifkan ketiga layanan, permasalah utamanya adalah apakah ada orderan atau tidak. Jika kami perhatikan di grup fb grab, rata-rata untuk mendapatkan 15 orderan itu sangat lah sullit. Butuh waktu ektra dari subuh sampai malam.

Bagi sebagian driver mungkin insentif berlian ini menjadi skema bonus yang paling tidak menguntungkan, karena membuat penghasilan driver grabbike menurun dibandingkan dengan skema sebelumnya, yaitu bonus harian dan insentif jaminan argo. Tidak sedikit pula yang mulai berencana pindah dari grab ke gojek, karena katanya lebih menjanjikan.






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel